Hi-Fella Insights

Profil Perusahaan dalam Proposal Berisi Apa Saja? Temukan Tips Menulisnya

Jika Anda ingin menawarkan jasa atau produk perusahaan Anda kepada para klien maupun investor, penting untuk mengetahui bagaimana membuat proposal profil perusahaan yang profesional dan efektif.

Lantas, profil perusahaan dalam proposal berisi apa saja sih? Dalam artikel ini, kami akan membahas apa saja yang wajib ditulis dalam proposal profil bisnis, bagaimana langkah-langkah membuatnya, serta kami juga akan memberikan serangkaian tips yang akan membantu Anda membuat profil perusahaan yang baik. Simak selengkapnya!

Apa Itu Profil Perusahaan?

profil perusahaan dalam proposal berisi apa saja

Sumber: UI Design

Profil perusahaan adalah pengantar tertulis mengenai sebuah perusahaan yang memberikan informasi kepada pembaca mengenai kegiatan, misi, tujuan, dan keunggulan perusahaan. 

Biasanya, profil perusahaan mencakup cerita tentang kapan berdirinya perusahaan dan menjelaskan produk atau layanan yang ditawarkan.

Menurut Indeed, profil perusahaan memiliki beberapa tujuan, seperti:

1. Mendapatkan Pendanaan

Profil perusahaan dapat memberikan informasi kepada calon investor yang mereka butuhkan untuk memutuskan apakah akan memberikan pendanaan kepada perusahaan.

2. Membangun Identitas Brand

Profil perusahaan bertujuan untuk memberikan informasi mengenai brand Anda seperti alamat situs web, media sosial, visi dan misi, nilai-nilai, dan asal usul perusahaan Anda, yang berkontribusi pada identitas brand itu sendiri.

3. Rekrutmen

Profil perusahaan dalam proposal juga dapat membantu Anda mempromosikan perusahaan kepada para calon karyawan dan memberikan informasi secara garis besar ciri khas perusahaan Anda.

Profil Perusahaan dalam Proposal Berisi Apa Saja? Berikut Cara Menyusunnya 

langkah-langkah menulis profil perusahaan

Berikut adalah daftar langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menulis profil perusahaan agar lebih profesional:

1. Tentukan Tujuan Profil Perusahaan

Sebelum Anda mulai menulis profil perusahaan dalam proposal, penting juga untuk menentukan tujuannya. Profil perusahaan dapat mencakup berbagai elemen tergantung pada target audience dan tujuan akhirnya.

Contoh tujuan profil perusahaan:

Profil perusahaan PT. Sukses Bersama dibuat untuk menarik investor dan klien baru. Ini termasuk informasi mendetail tentang pencapaian perusahaan, proyek unggulan, dan rencana strategis untuk masa depan.”

Setelah Anda mengetahui tujuan profil perusahaan, selanjutnya Anda dapat memikirkan elemen-elemen yang ingin disertakan untuk menekankan tujuan tersebut. 

Berikut beberapa elemen yang bisa dipertimbangkan untuk dimasukkan dalam profil perusahaan:

  • Nilai-nilai Perusahaan
    Apakah profil perusahaan tersebut ditujukan untuk merekrut investor atau menarik pelanggan, Anda dapat menyertakan bahasa yang menjelaskan nilai-nilai perusahaan.
  • Nilai Produk
    Jika profil perusahaan Anda ditulis untuk investor, Anda dapat menggunakan profil perusahaan ini sebagai kesempatan untuk menunjukkan value dari produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.
  • Kinerja
    Anda juga bisa menggunakan profil perusahaan sebagai kesempatan untuk menggambarkan kinerja perusahaan, termasuk pendapatannya.

2. Pilih Gaya Penulisan dan Format Profil Perusahaan

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan gaya penulisan dan membuat format untuk profil perusahaan. Hal ini dapat membantu Anda mengelompokkan informasi dengan cara yang lebih mudah dibaca dan menarik bagi pembaca. 

Salah satu pilihan populer untuk format profil perusahaan adalah menggunakan serangkaian subjudul untuk memperjelas informasi. 

3. Sertakan Informasi Kontak

Anda dapat memulai profil perusahaan dengan mencantumkan nama perusahaan, situs web, dan informasi kontak, agar pembaca dapat melakukan riset lebih lanjut tentang perusahaan. 

Jika Anda menulis profil perusahaan untuk para investor, hal ini juga dapat memastikan mereka untuk menghubungi perusahaan Anda seputar pendanaan.

Contoh informasi kontak pada profil perusahaan:

Alamat: Jl. Teknologi No. 45, Jakarta, Indonesia

Email: kontak@suksesbersama.com

Telepon: +62 821 555 01XX

Website: www.suksesbersama.com

4. Masukkan Visi dan Misi Perusahaan

Di bagian selanjutnya dari profil perusahaan, sertakan visi dan misi perusahaan. Visi adalah pandangan jangka panjang yang menggambarkan bagaimana perusahaan ingin melihat dirinya di masa depan, sedangkan misi adalah tujuan dan nilai-nilai inti perusahaan.

Contoh visi dan misi pada profil perusahaan dalam proposal:

  • Visi: Menjadi pemimpin inovasi di industri teknologi informasi di Asia Tenggara.
  • Misi: Memberikan solusi teknologi yang efektif, meningkatkan produktivitas bisnis, dan mendorong pertumbuhan digital di Indonesia.

5. Sejarah Berdirinya Perusahaan

Banyak profil perusahaan dalam proposal mencakup cerita singkat tentang pendirian perusahaan. Anda dapat memasukan informasi ini menjadi timeline atau bisa juga dengan menulis paragraf pendek mengenai wawasan lebih lanjut tentang awal mula perusahaan Anda terbentuk. 

Selain itu, di bagian ini juga Anda dapat mencantumkan tanggal berdirinya perusahaan dan lokasi kantor maupun cabangnya jika ada.

Contoh sejarah perusahaan pada profil perusahaan:


PT. Sukses Bersama didirikan pada tahun 2012 oleh Hartono dan Rina Malini, dua ahli IT, dengan visi untuk merevolusi cara kerja perusahaan di Indonesia secara digital melalui teknologi.”

6. Deskripsikan Produk dan Layanan

Selanjutnya, Anda dapat menuliskan deskripsi tentang produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. 

Ini bisa berupa daftar lengkap, ringkasan produk terlaris perusahaan, atau deskripsi lebih luas tentang jenis produk yang dijual oleh perusahaan.

Contoh deskripsi produk dan layanan pada profil perusahaan:

1. Pengembangan Software

Kami menawarkan layanan pengembangan software atau perangkat lunak yang dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan dari setiap klien. 

2. Solusi Cloud Computing

Layanan cloud kami menyediakan infrastruktur yang fleksibel dan skalabel, memungkinkan bisnis Anda untuk lebih mengoptimalkan sistem operasi dengan efisien. 

3. Pengembangan Aplikasi Mobile

Dengan pertumbuhan penggunaan perangkat mobile, aplikasi mobile menjadi kunci untuk menjangkau pelanggan. Kami merancang dan mengembangkan aplikasi mobile yang intuitif, responsif, dan menarik untuk berbagai platform, termasuk iOS dan Android.

7. Sertakan Penghargaan Perusahaan

Di bagian berikutnya dari profil, Anda dapat mencantumkan atau menjelaskan penghargaan dan pengakuan lain yang diterima oleh perusahaan. 

Ini dapat membantu Anda menggunakan profil perusahaan untuk menunjukkan nilai dan prestise perusahaan dalam industrinya.

Contoh penghargaan perusahaan:

PT. Sukses Bersama telah menerima beberapa penghargaan, termasuk “Penghargaan Inovasi Teknologi” pada tahun 2019 dan “Best Tech Startup” di tahun 2020.”

8. Informasi Keuangan

Jika audiens utama profil perusahaan adalah investor, Anda juga dapat menyertakan bagian dalam profil perusahaan untuk informasi keuangan perusahaan, termasuk:

  • Target Keuangan
    Menyertakan tujuan keuangan perusahaan dalam profil perusahaan dapat menunjukkan kepada investor bahwa eksekutif dan manajemen perusahaan termotivasi untuk meningkatkan pendapatan secara optimis.
  • Strategi
    Selain tujuan keuangan, profil perusahaan dalam proposal juga dapat menunjukkan rencana perusahaan untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Kinerja Keuangan Sebelumnya
    Perusahaan juga dapat mencantumkan kinerja keuangan di masa lalu dalam profil mereka untuk menunjukkan catatan keuangan perusahaan.

Contoh informasi keuangan pada profil perusahaan:

Perusahaan ini telah menunjukkan pertumbuhan pendapatan yang konsisten, dengan peningkatan 20% dari tahun 2022 ke 2023. Total aset perusahaan mencapai 50 miliar rupiah per akhir tahun 2023.”

9. Demografi

Jenis informasi lain yang dapat Anda sertakan dalam profil perusahaan dalam proposal adalah demografi perusahaan, termasuk:

  • Jumlah Karyawan
    Menyertakan jumlah karyawan dapat menunjukkan kepada pembaca ukuran perusahaan.
  • Statistik Keanekaragaman
    Jika perusahaan Anda memiliki sumber daya manusia yang beragam, Anda dapat menyertakan statistik tentang komposisi usia dan jenis kelamin karyawan.

Contoh demografi profil perusahaan:

Sebagai perusahaan yang berkomitmen pada inovasi dan pertumbuhan, PT. Sukses Bersama bangga dengan keanekaragaman tim kami. Berikut adalah gambaran demografi perusahaan kami, yang mencerminkan budaya kerja inklusif dan kolaboratif yang kami bangun.

Jumlah Karyawan:

PT. Sukses Bersama saat ini mempekerjakan lebih dari 150 karyawan yang tersebar di berbagai departemen, dari pengembangan produk, pemasaran, hingga layanan pelanggan. Pertumbuhan tenaga kerja kami sejalan dengan ekspansi bisnis dan inovasi produk yang terus menerus.

Statistik Keanekaragaman:

1. Komposisi Jenis Kelamin:

Pria: 55%

Wanita: 45%

Kami berusaha menciptakan lingkungan kerja yang seimbang dan mendukung kesetaraan gender di semua level organisasi.

2. Distribusi Usia Karyawan:

20-30 tahun: 40%

31-40 tahun: 35%

41-50 tahun: 15%

50+ tahun: 10%

Dengan rentang usia yang luas, kami menghargai pengalaman sekaligus menyambut inovasi dan ide segar dari semua generasi.

3. Keanekaragaman Budaya:

PT. Sukses Bersama mempekerjakan karyawan dari berbagai latar belakang etnis dan budaya, mencerminkan komitmen kami terhadap inklusivitas dan pemahaman global. Kami percaya bahwa keanekaragaman ini memperkaya proses kreatif kami dan membantu kami memahami kebutuhan klien dengan lebih baik.

10. Testimoni

Anda juga dapat memasukkan bagian yang berisi testimoni dari pelanggan atau karyawan dalam profil perusahaan Anda. 

Hal ini dapat membantu Anda menunjukkan bahwa perusahaan memberikan budaya yang positif kepada karyawan atau kepuasan kepada pelanggan. 

Testimoni dapat berupa kutipan singkat dari seseorang mengenai pengalamannya dengan perusahaan, lengkap dengan nama dan jabatannya. Anda juga dapat menyertakan foto bersama testimoni tersebut.

Contoh testimoni yang dapat dicantumkan dalam profil perusahaan pada proposal:

  • Kerjasama dengan PT. Sukses Bersama telah mengubah cara kami beroperasi. Efisiensi dan inovasi yang mereka bawa sangat berharga.” – Budi , CEO PT. Karya Indah.
  • Solusi teknologi yang disediakan PT. Sukses Bersama sangat membantu dalam meningkatkan produktivitas perusahaan kami.” – Sarah Ayu, Direktur IT PT. Dinamika Baru.

Tips Membuat Profil Perusahaan dalam Proposal yang Menarik

tips membuat profil perusahaan dalam proposal

Sumber: Vilook

Setelah mengetahui langkah-langkah menulis profil perusahaan, berikut merupakan tips yang bisa Anda terapkan jika baru memulai membuat profil perusahaan agar terlihat profesional.

1. Visual dan Branding

Pastikan profil perusahaan Anda memiliki visual yang menarik dan sesuai dengan branding perusahaan Anda. Gunakan desain grafis, logo, dan warna yang mencerminkan identitas perusahaan Anda. Ini akan membantu menciptakan kesan yang baik pada pembaca.

2. Jujur dan Akurat

Sangat penting untuk menjaga kejujuran dan akurasi dalam profil perusahaan Anda. Jangan membuat klaim yang tidak dapat Anda dukung dengan bukti atau informasi yang tidak benar. Kejujuran adalah kunci untuk membangun kepercayaan kepada pembaca.

3. Konsisten dan Singkat

Pastikan profil perusahaan Anda konsisten dalam gaya penulisan dan formatnya. Hindari informasi yang bertele-tele dan singkatlah dalam penyampaian pesan. 

Pembaca cenderung lebih tertarik pada profil yang mudah dipahami dan tidak memakan waktu terlalu lama untuk dibaca.

Itulah pembahasan mengenai “Profil Perusahaan dalam Proposal Berisi Apa Saja?” yang bisa Anda terapkan untuk menarik perhatian pihak yang berkepentingan, seperti investor atau klien potensial. 

Pastikan untuk mengikuti panduan dan tips yang telah Anda pelajari dalam artikel ini untuk menciptakan proposal yang efektif dan profesional. Semoga membantu!