Hi-Fella Insights

Pengusaha Pemula Wajib Tahu, Ini Dia Tips Mencari Supplier Tangan Pertama!

Supplier atau yang dalam bahasa Indonesianya disebut sebagai pemasok adalah orang atau perusahaan yang menjual bahan baku yang akan diolah oleh perusahaan atau orang lain menjadi barang yang siap dijual. Sementara itu, supplier tangan pertama adalah produsen yang pertama kali memproduksi produk dalam jumlah besar.

Bagi para reseller, dropshipper, dan pengusaha pemula, penting untuk mencari supplier tangan pertama yang sesuai anggaran dan dapat dipercaya. Namun, tantangan mencari supplier tangan pertama yang sesuai kadang masih menghantui. Bisa saja barang yang dijual di satu toko supplier bukan berasal dari produsennya langsung.

Atau ada ada saja toko supplier tangan pertama yang tidak jelas alamat dan kontaknya atau tidak jelas kondisi barangnya. Untuk itu, mencari supplier tangan pertama perlu dilakukan dengan hati-hati. Hi-Fella akan merangkum cara mencari supplier tangan pertama dalam artikel ini.

Cara Mencari Supplier Tangan Pertama

Kami merangkum 6 cara mencari supplier tangan pertama yang dapat dilakukan pengusaha pemula.

  1. Berkunjung ke Sentra Industri
    Para calon reseller, dropshipper, dan pengusaha pemula bisa datang langsung ke sentra industri untuk mendapatkan supplier tangan pertama mereka. Dengan datang langsung, mereka bisa melihat langsung pembuatan produknya, memilih sendiri produk-produk seperti apa yang hendak mereka jual kembali, dan mungkin juga mendapatkan harga yang lebih kecil. Selain itu, hubungan antara para calon pengusaha dan supplier bisa terjalin.
  2. Berkunjung ke Bazar Bisnis
    Di bazar bisnis, akan banyak pelaku bisnis yang ikut serta. Para calon reseller, dropshipper, dan pengusaha pemula mempunyai pilihan akan toko mana yang ingin mereka jadikan supplier. Selain itu, karena banyaknya pelaku bisnis yang ikut serta, relasi pun akan terjalin dan harapannya para calon reseller, dropshipper, dan pengusaha pemula bisa menjalin hubungan dengan para supplier mereka.
  3. Melalui Website atau Toko Online
    Menelusuri internet bisa dijadikan salah satu alternatif untuk mencari supplier tangan pertama. Supplier tangan pertama bisa dicari melalui situs web dan toko online. Selain itu, para calon reseller, dropshipper, dan pengusaha pemula bisa menemukan supplier melalui media sosial. Cara ini dinilai lebih mudah karena para pelaku bisnis tidak perlu menempuh perjalanan jauh.
  4. Melalui Forum Bisnis atau Komunitas Online
    Sudah banyak komunitas dan forum bisnis yang tersebar di internet. Melalui komunitas dan forum bisnis, para calon reseller, dropshipper, dan pengusaha pemula bisa mendapatkan informasi mengenai toko supplier hanya dengan mengajukan pertanyaan. Nantinya akan ada orang yang memberikan mereka informasi mengenai supplier yang mereka cari.
  5. Melalui Situs Pembanding Harga
    Jika perhatian para calon reseller, dropshipper, dan pengusaha pemula adalah harga, situs pembanding harga dapat menjadi jawabannya. Masukan jenis produk ke situs pembanding harga, kemudian situs tersebut akan memberikan referensi toko beserta harganya yang bervariasi.
  6. Melalui Marketplace
    Sudah banyak marketplace yang menyediakan layanan untuk reseller dan dropshipper. Banyak juga toko-toko online yang menjual paket jualan untuk reseller dan dropshipper, tentunya dengan harga dan barang yang bermacam-macam. Para calon reseller, dropshipper, dan pengusaha pemula tinggal membandingkan harga dan barang sesuai kategori yang mereka inginkan dan mereka bisa langsung menentukan toko mana yang ingin mereka jadikan supplier.

Cara Mencari Supplier Tangan Pertama di Shopee

Seperti yang sudah dikatakan di atas, salah satu cara mencari supplier tangan pertama adalah melalui marketplace. Belakangan ini, Shopee menjadi salah satu marketplace yang paling umum digunakan. Berikut adalah cara mencari supplier tangan pertama di Shopee.

  1. Menentukan produk yang ingin dijual
    Sebelum mencari supplier, ada baiknya para calon reseller, dropshipper, dan pengusaha pemula menentukan dulu produk yang ingin dijual. Hal ini nantinya akan memudahkan mereka mencari supplier karena jenis supplier sudah tersaring.
  2. Masuk ke aplikasi Shopee
    Setelah produk ditentukan, para calon reseller, dropshipper, dan pengusaha pemula bisa masuk ke aplikasi Shopee. Buat akun terlebih dahulu dan pastikan sudah punya toko online di sana.
  3. Masuk ke menu Shopee Grosir
    Menu “Shopee Grosir” terdapat di menu utama ketika pertama kali membuka aplikasi Shopee. Fitur ini memungkinkan para calon reseller, dropshipper, dan pengusaha pemula mendapatkan barang dalam jumlah besar dan harga yang relatif lebih murah.
  4. Cek toko terlaris
    Setelah masuk ke menu “Shopee Grosir”, para calon reseller, dropshipper, dan pengusaha pemula bisa menekan tombol “Cek toko terlaris”. Di sana, Shopee akan memperlihatkan banyak toko-toko terlaris yang menyediakan berbagai pilihan produk dari berbagai kategori. Nantinya para pembeli dari supplier bisa memilih tokonya. Biasanya toko yang menyediakan banyak produk dan harga murah adalah toko supplier tangan pertama.
  5. Pilih sesuai kategori
    Setelah itu, para calon reseller, dropshipper, dan pengusaha pemula bisa mencari toko sesuai kategori yang diinginkan. Terapkan filter sesuai kategori yang diinginkan ketika mencari toko supplier. Shopee secara otomatis akan memunculkan toko-toko sesuai kategori yang dipilih.
  6. Cari tahu informasi mengenai toko supplier
    Cari tahu informasi mengenai toko supplier terlebih dahulu. Pastikan toko dalam status online belum lama ini. Pastikan juga toko memiliki produk yang sesuai dengan yang diinginkan dan mempunyai penilaian dan performa chat yang tinggi
  7. Hubungi toko supplier
    Setelah menentukan toko mana yang ingin dijadikan supplier, para calon reseller, dropshipper, dan pengusaha pemula bisa menghubungi pemilik toko tersebut. Tanyakan soal apakah toko tersebut membuka sistem reseller atau dropshipper. Tanyakan pula soal ketersediaan dan kondisi barang.

Cara-cara di atas tentu bisa menjadi solusi untuk mencari supplier tangan pertama. Namun, kedua cara tersebut bukanlah satu-satunya cara. Hi-Fella menawarkan solusi baru untuk para pencari supplier. Hanya dengan mengunduh aplikasi Hi-Fella dan membuat akun, para calon reseller, dropshipper, dan pengusaha pemula dapat menemukan supplier sesuai keinginan. Yuk, daftar sekarang!