Hi-Fella Insights

Jualan Apa yang Selalu Dibutuhkan Sepanjang Masa? Tips untuk Pengusaha

Dalam dunia bisnis yang penuh dengan ketidakpastian, para pengusaha pemula, pedagang online, dan individu yang mencari peluang bisnis mungkin sering bertanya-tanya mengenai “Jualan apa yang selalu dibutuhkan sepanjang masa?” 

Nah, jawaban dari pertanyaan tersebut ternyata terletak pada pemilihan produk yang tidak hanya bertahan dalam berbagai kondisi ekonomi, tetapi juga memiliki permintaan yang konsisten dari konsumen. 

Untuk itu pada artikel ini kami akan memberikan informasi mengenai apa saja jenis produk tersebut, sehingga dapat membantu Anda dalam memilih jenis usaha yang memiliki potensi pasar yang luas.

Definisi Produk ‘Evergreen’

Dilansir dari SaleHoo, produk ‘evergreen’ adalah produk yang selalu dibutuhkan oleh konsumen, tidak terpengaruh oleh tren atau musim tertentu. 

Produk-produk ini mencakup kebutuhan dasar manusia dan layanan yang selalu akan dicari, seperti makanan, pakaian, dan kebersihan.

Mengapa Memilih Produk Evergreen?

dua orang pasangan yang sedang mencari buah-buahan dan sayur-sayuran di swalayan

Sumber: Pexels

Memilih untuk berjualan produk evergreen memberikan kestabilan dan potensi pertumbuhan jangka panjang untuk bisnis Anda. 

Dengan fokus pada produk yang selalu dibutuhkan, Anda dapat mengurangi risiko yang terkait dengan fluktuasi pasar dan perubahan tren konsumen.

Rekomendasi Jualan Apa yang Selalu Dibutuhkan Sepanjang Masa

Berikut ini adalah daftar beberapa rekomendasi produk dan layanan yang memiliki potensi besar untuk selalu dibutuhkan sepanjang masa:

1. Makanan dan Minuman

  • Bahan Pokok: Beras, gandum, dan jagung.
  • Makanan Sehat dan Organik: Produk segar, makanan non-GMO, dan organik.
  • Makanan Cepat Saji Sehat: Alternatif sehat untuk makanan cepat saji tradisional.

2. Produk Kebersihan dan Sanitasi

  • Produk Kebersihan Pribadi: Sabun, sampo, dan pasta gigi.
  • Pembersih Rumah Tangga: Disinfektan, pembersih lantai, dan pembersih kaca.

3. Pakaian dan Aksesoris

  • Pakaian Dasar: Kaos, celana jeans, dan pakaian dalam.
  • Pakaian untuk Cuaca Ekstrem: Jaket tahan air, pakaian hangat untuk musim dingin.
  • Aksesoris Fungsional: Tas, dompet, dan ikat pinggang.

4. Kesehatan dan Kecantikan

  • Suplemen Kesehatan: Vitamin dan suplemen mineral.
  • Produk Perawatan Kulit: Pelembab, tabir surya, dan produk anti-aging.
  • Produk Kecantikan Dasar: Makeup dasar seperti lipstik dan bedak.

5. Pendidikan dan Pelatihan

  • Buku dan Materi Edukasi: Buku teks, buku panduan, dan bahan belajar online.
  • Kursus Online: Pelatihan keahlian, bahasa, dan pengembangan pribadi.
  • Alat Tulis dan Perlengkapan Sekolah: Pensil, buku catatan, dan tas sekolah.

6. Teknologi dan Elektronik

  • Perangkat Seluler: Smartphone dan aksesoris.
  • Komputer dan Aksesoris: Laptop, keyboard, dan mouse.
  • Aplikasi dan Software: Aplikasi produktivitas, perangkat lunak keamanan.

7. Layanan Keuangan

  • Asuransi: Kesehatan, kendaraan, dan properti.
  • Layanan Keuangan Pribadi: Konsultasi perencanaan keuangan dan investasi.

8. Energi dan Utilitas

  • Solusi Energi Terbarukan: Panel surya dan turbin angin.
  • Layanan Kebersihan: Pengelolaan sampah dan daur ulang.

Produk dan layanan ini terus dibutuhkan karena mereka memenuhi kebutuhan dasar manusia, seperti makanan, kebersihan, pakaian, kesehatan, dan pendidikan. 

Memilih untuk berfokus pada salah satu dari area ini dapat menyediakan dasar yang kuat untuk bisnis yang stabil dan berkelanjutan.

Analisis Potensi Pasar

Dalam konteks bisnis yang cenderung berubah-ubah, pertanyaan “Jualan apa yang selalu dibutuhkan sepanjang masa?” sering kali menjadi titik awal bagi para pengusaha yang mencari ide bisnis yang berjangka panjang. 

Kunci untuk menjawab pertanyaan ini terletak pada pemahaman mendalam tentang analisis potensi pasar, yang mencakup identifikasi kebutuhan konsumen serta pengenalan peluang dan tantangan yang ada. 

Melalui pendekatan ini, pemilik bisnis dapat mengidentifikasi dan memanfaatkan produk evergreen produk yang permintaannya tidak banyak berubah seiring waktu dan juga sebagai fondasi untuk pertumbuhan jangka panjang. 

Identifikasi Kebutuhan Konsumen

Identifikais kebutuhan konsumen mengenai jualan apa yang selalu dibutuhkan sepanjang masa

Sumber: Pexels

Pemahaman yang kuat tentang kebutuhan dasar dan keinginan konsumen merupakan fondasi dari analisis potensi pasar yang efektif. 

Hal ini tidak hanya tentang mengenal produk yang dibutuhkan sepanjang masa tetapi juga tentang memahami mengapa produk tersebut selalu dibutuhkan. 

Dengan mengidentifikasi kebutuhan masyarakat yang universal dan berkelanjutan, seperti makanan, pakaian, dan kesehatan, pengusaha dapat mengarahkan usaha mereka ke pasar yang memiliki permintaan tinggi dan stabil.

Dalam melakukan identifikasi kebutuhan konsumen, penting bagi bisnis untuk melakukan penelitian pasar yang komprehensif, yang dapat meliputi survei, wawancara, dan analisis data sekunder. 

Penelitian ini membantu dalam mengungkap tren konsumen, preferensi pembelian, dan perilaku konsumsi yang dapat menginformasikan keputusan tentang produk atau layanan yang akan ditawarkan.

Peluang dan Tantangan

Sementara pasar untuk produk evergreen cenderung stabil, perubahan tren atau pasar yang terus berubah membawa peluang dan tantangan tersendiri. 

Peluang seringkali muncul dari kemajuan teknologi, perubahan demografis, atau pergeseran dalam nilai sosial yang dapat mempengaruhi cara produk diproduksi, dipasarkan, atau dikonsumsi. 

Misalnya, kemajuan dalam teknologi berkelanjutan dapat membuka pasar baru untuk produk evergreen yang lebih ramah lingkungan, sementara perubahan demografis seperti pertumbuhan populasi usia lanjut dapat meningkatkan permintaan untuk produk kesehatan.

Namun, dengan peluang juga akan muncul tantangan. Salah satu tantangan utama dalam menjual produk yang selalu dibutuhkan adalah persaingan yang ketat. Hampir semua pasar yang mencakup produk evergreen sudah jenuh dengan berbagai penawaran dari kompetitornya. 

Oleh karena itu, inovasi dan diferensiasi produk menjadi kunci untuk menonjol. Hal ini bisa berarti memperkenalkan fitur baru yang memenuhi kebutuhan konsumen dengan cara yang belum pernah ada sebelumnya, memanfaatkan teknologi terbaru untuk meningkatkan kualitas atau efisiensi, atau bahkan menciptakan pengalaman merek yang unik yang membangun loyalitas pelanggan.

Baca juga: 7 Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal Bagi Pelaku Usaha

Strategi Pemasaran yang Efektif

strategi pemasaran digital atau digital marketing untuk jualan

Untuk menjawab pertanyaan penting, “Jualan apa yang selalu dibutuhkan sepanjang masa?”, tidak cukup hanya dengan menemukan produk atau layanan yang selalu dibutuhkan, namun mengetahui bagaimana cara strategi pemasaran yang efektif juga merupakan suatu cara yang penting untuk menjamin keberhasilan bisnis Anda secara jangka panjang.

Berikut merupakan berbagai strategi pemasaran yang efektif dilakukan:

1. Pemasaran Digital

Dalam era digital, pemasaran online menjadi krusial untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Strategi seperti optimisasi mesin pencari (SEO), pemasaran media sosial, Ads, dan email marketing dapat sangat efektif.

Baca juga: Mengenal Apa Fungsi CTA dalam Pemasaran Beserta Contohnya

2. Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Selain pemasaran digital, membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan adalah kunci untuk memastikan loyalitas dan ulasan positif. Berikut adalah beberapa cara untuk membangun dan memelihara hubungan tersebut:

  • Layanan Pelanggan yang Responsif

Layanan pelanggan yang responsif dan membantu tidak hanya menyelesaikan masalah tetapi juga menunjukkan bahwa bisnis Anda peduli terhadap kepuasan pelanggan. Ini dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

  • Pendekatan Secara Personal

Menggunakan data pelanggan untuk menawarkan pengalaman yang dipersonalisasi, seperti rekomendasi produk berdasarkan riwayat pembelian, dapat membuat pelanggan merasa dihargai dan meningkatkan kemungkinan pembelian berulang.

  • Menghargai Feedback Pelanggan

Aktif meminta feedback dan bertindak berdasarkan saran atau kritik pelanggan menunjukkan bahwa Anda menghargai pendapat mereka dan berkomitmen untuk peningkatan berkelanjutan.

Dalam menerapkan strategi pemasaran yang efektif, sangat penting untuk memastikan bahwa setiap tindakan dan campaign yang Anda lakukan sejalan dengan nilai dan tujuan bisnis Anda. 

Cara ini tidak hanya membantu dalam mencapai sasaran pemasaran Anda tetapi juga dalam membangun merek yang kuat dan terpercaya. 

Dengan mengkombinasikan pemasaran digital dengan hubungan pelanggan yang efektif, bisnis Anda dapat berkembang dan mencapai kesuksesan jangka panjang di pasar yang kompetitif ini.

Hi-Fella Online Exhibition

Menjawab pertanyaan “Jualan apa yang selalu dibutuhkan sepanjang masa?” bukanlah tugas yang mudah, namun dengan fokus pada produk evergreen, Anda dapat membangun bisnis yang stabil dan berkelanjutan. 

Dengan memahami kebutuhan konsumen, menganalisis potensi pasar, dan menerapkan strategi pemasaran yang efektif, Anda dapat menjangkau pasar global dan mencapai kesuksesan.

Yuk, Buka Bisnis ‘Evergreen’ Mu!

Ingin memulai bisnis yang memiliki potensi pasar luas dan berkelanjutan? Buka bisnis ‘ever green‘ mu dan jangkau pasar global bersama Hi-fella. 

Dengan produk yang selalu dibutuhkan, Anda tidak hanya memberikan nilai kepada konsumen tetapi juga membangun fondasi yang kuat untuk masa depan bisnis Anda.