Hi-Fella Insights

7 Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal Bagi Pelaku Usaha

Dalam dunia bisnis tentunya selalu ada persaingan. Memahami dan memanfaatkan sumber peluang usaha dari faktor eksternal adalah salah satu kunci bagi keberhasilan semua pelaku usaha. 

Bagi Anda yang baru mulai merintis usaha maupun yang sudah menjadi pengusaha namun ingin menambah wawasan, pada artikel ini kami akan memberikan penjelasan mendalam mengenai apa saja sumber peluang usaha dari faktor eksternal yang bisa berdampak bagi bisnis Anda. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Pengertian Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal

pengertian sumber peluang usaha dari faktor eksternal

Sumber peluang usaha dari faktor eksternal adalah suatu kesempatan yang datang dari luar diri seorang pengusaha tersebut. 

Adapun aspek-aspek eksternal yang mempengaruhi kinerja sebuah usaha yaitu seperti kondisi persaingan pasar, situasi ekonomi, politik dan hukum, perkembangan teknologi, maupun peristiwa-peristiwa besar di tingkat global. 

Faktor-faktor dari luar inilah yang dapat memiliki pengaruh secara positif maupun negatif terhadap kegiatan usaha.

Untuk memastikan pertumbuhan bisnis yang lebih berkelanjutan dan menguntungkan, penting bagi pengusaha untuk secara aktif mengawasi perubahan-perubahan yang terjadi dalam lingkungan eksternal tersebut, agar bisa menyesuaikan diri dan dapat mengurangi efek negatif yang mungkin akan terjadi.

Apa Saja Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal?

sumber peluang usaha dari faktor eksternal perusahaan

Setelah mengetahui pengertian dari sumber peluang usaha dari faktor eksternal, berikut ini merupakan aspek-aspeknya:

1. Analisis Tren Industri 

Tren industri adalah salah satu sumber peluang usaha dari faktor eksternal yang paling berpengaruh dalam kemajuan suatu bisnis.

Pemahaman yang mendalam terhadap tren ini membantu pelaku bisnis dalam mengenali dan menangkap peluang pasar yang baru muncul, serta dalam pengembangan produk atau layanan yang sesuai dengan permintaan pasar saat ini.

Misalnya, tren keberlanjutan atau sustainability dan praktek ramah lingkungan yang terus meningkat di berbagai sektor industri telah membuka peluang besar untuk produk dan layanan yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan. 

Peningkatan kesadaran konsumen terhadap isu-isu lingkungan ini juga telah mendorong permintaan akan produk yang tidak hanya ramah lingkungan saja tetapi juga etis dalam proses produksinya.

Tesla merupakan salah satu contoh perusahaan otomotif yang memproduksi mobil ramah lingkungan karena menggunakan energi listrik untuk mengoperasikannya sehingga dapat mengurangi emisi karbondioksida dan dampak negatif terhadap lingkungan. 

tren industri otomotif ramah lingkungan perusahaan Tesla

Sumber: Electrek

Dilansir dari Marketers, hingga saat ini Tesla telah berhasil menggaet pelanggan setia mereka dan mengamankan sekitar 2% pangsa pasar otomotif di Amerika Serikat. 

Meskipun produk-produk dari Tesla ini dianggap berada di kisaran harga yang lebih tinggi, namun permintaan untuk mobil mereka tetap kuat dan seringkali juga melampaui jumlah yang tersedia. 

Selain Tesla, produsen mobil lain juga telah mulai memperkenalkan kendaraan listrik mereka yang menandakan bahwa di masa depan, transportasi yang ramah lingkungan akan terus berkembang.

2. Dampak Perubahan Regulasi pada Peluang Usaha

Sumber peluang usaha dari faktor eksternal selanjutnya adalah perubahan regulasi yang sering dianggap sebagai tantangan maupun peluang oleh para pelaku usaha. 

Misalnya, regulasi baru tentang data privacy dapat mendorong permintaan untuk solusi cyber security, sehingga dapat membuka peluang bagi perusahaan yang bergerak di bidang ini.

Penting bagi bisnis untuk memahami bagaimana perubahan regulasi ini dapat mempengaruhi model bisnis mereka dan bagaimana mereka dapat menyesuaikan strategi mereka untuk memanfaatkan peluang atau mengurangi dampak negatif dari perubahan tersebut.

Salah satu perubahan regulasi yang berdampak pada usaha yaitu menurut Harian Ekonomi Neraca, pemerintah Indonesia telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang bertujuan untuk mendorong inovasi, adaptasi, dan kerjasama dalam sektor ekonomi kreatif. 

Peraturan ini merupakan langkah strategis untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan membuka lebih banyak peluang usaha di berbagai sektor di Indonesia. Regulasi ini diharapkan dapat memberikan dorongan signifikan untuk perkembangan ekonomi kreatif yang dinamis dan inovatif.

3. Teknologi sebagai Pendorong Peluang Bisnis

Perkembangan teknologi, seperti Artificial Intelligence (AI), blockchain, dan Internet of Things (IoT), telah mengubah cara kita bekerja dan berinteraksi. 

Misalnya, AI membantu dalam mengelola dan memahami data yang dihasilkan dalam berbagai proses. Teknologi ini juga bisa mempercepat dan memperbaiki berbagai proses kerja.

Selanjutnya ada blockchain yang dapat meningkatkan kepercayaan dan keamanan dalam transaksi digital khususnya bagi industri usaha fintech. Contohnya, dalam sistem pembayaran atau pengelolaan data perusahaan.

Sedangkan IoT dapat menghubungkan berbagai perangkat elektronik ke internet, sehingga memungkinkan mereka berkomunikasi dan mengotomatisasi tugas-tugas tertentu. Ini membantu bisnis menjadi lebih efisien dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan. Misalnya, dalam otomatisasi pabrik.

Kombinasi dari ketiga teknologi ini dapat membuka peluang baru dalam bisnis, seperti menciptakan model bisnis baru, meningkatkan efisiensi, dan menawarkan cara-cara baru dalam interaksi dengan pelanggan.

4. Pengaruh Kondisi Ekonomi Terhadap Peluang Usaha

Sumber peluang usaha dari faktor eksternal selanjutnya adalah pengaruh dari kondisi ekonomi. Saat kondisi ekonomi sedang baik, tentunya banyak orang memiliki gaji yang lebih tinggi, sehingga mereka bisa membeli banyak barang. 

Hal ini dapat menguntungkan perusahaan yang memproduksi barang tersebut karena permintaan yang tinggi. Mereka bisa mempekerjakan banyak orang dan membayar gaji tinggi. 

Namun, saat kondisi ekonomi sedang turun, perusahaan seringkali harus mengurangi karyawan mereka maupun penurunan gaji. Daya beli masyarakat pun akan lebih sedikit karena penghasilan mereka menurun.

Akibatnya, perusahaan bisa kesulitan menjual produknya, yang mungkin mengakibatkan pengangguran meningkat karena masyarakat mulai kehilangan pekerjaan mereka.

Oleh karena itu, pemahaman akan kondisi ekonomi ini penting untuk mengidentifikasi peluang dan merencanakan strategi bisnis agar lebih efektif.

5. Peluang dari Perubahan Sosial dan Budaya

tren berbelanja online terhadap peluang usaha dari faktor eksternal.

Sumber: TrenAsia

Perubahan sosial dan budaya dapat menciptakan permintaan untuk produk atau layanan baru. Sebagai contoh, kesadaran tentang pentingnya kesehatan mental telah menciptakan permintaan untuk aplikasi maupun layanan yang mendukung aspek ini. 

Hal ini menggambarkan bagaimana tren sosial dan budaya dapat mempengaruhi pasar dan menciptakan kebutuhan baru yang sebelumnya mungkin tidak ada.

Selain itu, perubahan sosial dan budaya ini juga dapat menciptakan inovasi dalam teknologi dan cara kita berkomunikasi maupun bertransaksi. 

Misalnya, popularitas media sosial dan kebiasaan belanja online telah menciptakan inovasi baru yaitu munculnya aplikasi berbasis media sosial dan e-commerce seperti TikTok Shop.

Berdasarkan laporan Momentum Works, pada tahun 2022, TikTok Shop memegang 4,4% pangsa pasar e-commerce di Asia Tenggara, dengan perkiraan kenaikan menjadi 13,2% pada 2023. TikTok Shop dianggap berpotensi menjadi pesaing serius bagi pemain besar e-commerce di kawasan tersebut seperti Shopee, Lazada, dan Tokopedia.

Kesimpulannya, perubahan sosial dan budaya membuka peluang bagi bisnis untuk berinovasi dan tumbuh sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat yang terus berubah.

6. Pengaruh Globalisasi pada Peluang Bisnis Lokal

Pengaruh globalisasi dapat membawa dampak positif dan negatif bagi bisnis lokal. Di satu sisi, produk lokal bisa bersaing dengan produk impor. 

Di sisi lain, pelaku usaha lokal juga dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memasarkan produk mereka secara digital. 

Dengan adanya teknologi, pelaku usaha di Indonesia dapat lebih mudah berkolaborasi dengan platform e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee. 

Hal ini memungkinkan mereka untuk memasarkan produk mereka lebih luas, tidak hanya di wilayah lokal tetapi juga ke pasar internasional. 

Kesimpulannya, pengaruh globalisasi dapat memberi dampak pada perekonomian suatu negara, khususnya UMKM melalui penggunaan teknologi dan informasi.

Namun, tidak semua UMKM langsung merasakan manfaatnya. Di Indonesia, masih banyak UMKM yang perlu meningkatkan kemampuan teknologinya agar bisa lebih berkembang dan memanfaatkan peluang bisnis yang ada. 

Misalnya seperti peningkatan keterampilan menggunakan strategi pemasaran digital melalui media sosial, ads, website, dan lainnya dibandingkan hanya mengandalkan cara-cara yang konvensional.

7. Pentingnya Kemitraan Strategis

Kemitraan strategis merupakan kesepakatan antara dua atau lebih perusahaan untuk bekerja sama dan mencapai tujuan bersama. 

Kolaborasi ini biasanya berbentuk kemitraan atau pengembangan produk yang tujuannya untuk menggabungkan kekuatan masing-masih mitra untuk meraih kesuksesan yang jauh lebih besar daripada jika harus dicapai sendirian. 

Kemitraan ini memberikan berbagai manfaat misalnya seperti pembagian biaya pengembangan produk dan inovasi, akses ke pasar dan pelanggan baru, serta kesempatan untuk saling berbagi pengetahuan dan kemampuan yang baru. 

Salah satu contoh kemitraan strategis yang sedang hangat diperbincangkan saat ini yaitu dari perusahaan TikTok yang berinvestasi senilai $1,5 miliar di Tokopedia dan menjadi pemegang saham mayoritas. 

kemitraan strategis oleh perusahaan Tokopedia dan TikTok Shop

Sumber: Bloomberg

Kemitraan ini mengintegrasikan bisnis Tokopedia dan TikTok Shop di Indonesia, memindahkan transaksi belanja dari TikTok ke Tokopedia. TikTok memilih Tokopedia karena basis pengguna dan pengalaman e-commerce Tokopedia yang luas di Indonesia. 

Kemitraan ini diharapkan meningkatkan pertumbuhan e-commerce dan transaksi di Indonesia, namun juga dapat berpotensi menimbulkan persaingan yang tidak sehat karena adanya dominasi pasar. 

Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal adalah Inovasi Bisnis di Era Global

Memahami dan memanfaatkan sumber peluang usaha dari faktor eksternal adalah kunci untuk sukses dalam dunia bisnis yang kompetitif seperti saat ini. 

Dengan mendapat wawasan baru melalui informasi dan melakukan inovasi terhadap perubahan di sekitar, pelaku bisnis dapat menemukan dan memanfaatkan peluang-peluang baru yang muncul sehingga dapat bersaing bukan dalam negeri saja, namun berskala global. 

Kunjungi platform Hi-Fella untuk mendapat informasi terbaru bagi pertumbuhan dan inovasi dalam bisnis Anda!